Arti Logo/Lambang Kota Metro

Arti Logo/Lambang Kota Metro
Arti Logo/Lambang Kota Metro - Dalam postingan terdahulu kita telah membahas arti lambang atau logo Kabupaten Lampung Tengah, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas arti logo/lambang Kota Metro. Untuk lebih jelasnya silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

"logo"
Baca juga:
Tugas IPA
Contoh Prakerin
Gambar kata mutiara Islam pilihan

Arti Logo/Lambang Kota Metro
Logo/Lambang Daerah Kota Metro “Bumi Sai Wawai” disahkan berdasarkan peraturan Daerah Kota Metro nomor 1 Tahun 1999 tangal 8 Nopember 1999 tentang lambang daerah. Lambang daerah berbentuk perisai dengan dasar warna biru menggambarkan tekad dan kesanggupan masyarakat yang majemuk yang mempertahankan cita-cita Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 berdasarkan Pancasila dalam melaksanakan pembangunan daerah untuk mewujudkan tujuan Negara sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UndangUndang Dasar 1945.

Baca juga:

1.Pada lambang/lo daerah, bertuliskan “METRO” dengan warna merah diatas dasar warna putih melambangkan Kota Metro bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.Pada garis tepi yang melingkari Lambang daerah berwarna kuning, menggambarkan tekad yang tulus untuk menegakan serta membina persatan dan kesatuan bangsa.

3.Pada bagian atas terdapat Siger, mencirikan bahwa masyarakat menjunjung tinggi kebudayaan daerah sebagai bgian dari kebudayaan bangsa.

4.Pada Siger berwarna kuning keemasan dengan sembilan buah mahkota, mencirikan bahwa Kota Metro terletak di Lampung.

5.Pada atas Siger terdapat payung Agung yang melambangkan pengayoman bagi warga daerah.

6.Payung Agung terbagi dalam empat bidang besar, dua puluh tujuh bidang kecil dan berumbai pada bawah kiri dan kanan, masing-masing sembilan untai, sebagai tanggal terbentuknya Kota Metro 27 September 1999.

7.Setangkai padi dan kapas melambangkan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran.

8.Sembilan buah biji kapas dan enam buah cincin pengikat serta tiga puluh tujuh butir padi    merupakan hari jadi Kota Metro (9-6-1937).

9.Pena, nyala api dan juga buku ditengah-tengah antara padi dan kapas melambangkan semangat warga daerah untuk mengarahkan Metro menjadi Kota Pendidikan.

10.Pita berwarna putih yang bertuliskan “Bumi Sai Wawai” dalam aksara Lampung mengandung makna agar terus menerus untuk menjadikan daerah sebagai bumi yang indah dan asri.